Senin, 05 Desember 2011

tips merawat rantai

Kapan untuk menganti rantai

Merawat rantai sepeda ternyata tidak rumit. Tetapi tidak banyak yang mengetahui teknik untuk menjaga rantai sepeda. Berapa lama harus membersihkan dan merawat rantai sepeda, kapan kita perlu memberikan pelumas atau minyak untuk rantai sepeda. Atau kapan waktu untuk melakukan pengantian rantai sepeda. Salah satu produsen rantai sepeda KMC memberikan tip mudah. Seperti tanda tanda rantai perlu diperbaiki dan cara membersihkan rantai sepeda.

Indikator yang perlu diawasi oleh pengendara ketika rantai perlu diperhatikan.
  • Sistem gigi sepeda atau ketika memindahkan gigi sepeda terasa kurang enak atau tidak mudah masuk walaupun sudah melakukan setting RD dan FD.
  • Rantai suka lepas atau terselip di bagian gigi depan.
  • Mulai terdengar suara berdecit pada bagian rantai
  • Terkadang terdengar suara yang timbul akibat rantai terlalu kering.

Informasi diatas adalah sebagian tanda tanda bahwa komponen rantai sepeda perlu diperhatikan. Apakah kita harus menganti, memberikan pelumas dapat di ikuti saran dibawah ini. Kapan rantai perlu diberikan pelumas rantai
  • Untuk sepeda on road, rantai perlu diberikan pelumas bila mencapai jarak 250km
  • Untuk sepeda off road, rantai perlu diberikan pelumas bila mencapai jarak 100km.
  • 2 saran diatas hanyalah angka rata rata. Tetapi setiap pe sepeda dapat memperkirakan kapan rantai perlu diberikan pelumas sesuai kondisi dan medan yang sering dilalui oleh sepeda. Bisa saja lebih singkat atau lebih lama. Tergantung berat tidaknya medan sepeda yang dilalui.
Kapan kita perlu menganti rantai sepeda.
Rantai sepeda adalah komponen dari sepeda yang sangat penting. Tetapi sering terlupakan, padahal komponen yang satu ini paling rentan aus. Uniknya komponen rantai ternyata menjadi bagian paling minim mengalami kerusakan dibandingkan bagian ban dan rusaknya RD sepeda. Kondisi kerusakan rantai sepeda hanya memiliki satu kondisi, yaitu Putus. Dibawah ini saran dari profesional dan kalangan amatir atas perlakukan sebuah rantai, dan kapan waktunya untuk menganti dengan yang baru.
  • Ada yang mengatakan , rantai saya baik baik saja. Rantai yang saya gunakan adalah rantai yang saya beli bersama sepeda. Walaupun dimedan tertentu, rantai menyulitkan saya dan sering melompat. Seperti  tidak tepat masuk ke gigi depan atau belakang sepeda, tetapi kondisi rantai saya tetap ok. Kami tidak memberikan komentar apapun atas pendapat yang satu ini.
  • Ada pendapat lain, sebaiknya rantai diganti setelah pemakaian 2 tahun. Pendapat ini diberikan oleh mereka yang sudah berpengalaman mengunakan sepeda untuk medan XC.
  • Pendapat dari kalangan profesional mengatakan, pengantian rantai bila sepeda sudah menempuh perjalanan sejauh 500-700km. Bila dihitung pada sebuah perjalanan sepeda dengan medan XC setiap minggu dengan jarak 30km. Sekitar 1 sampai setengah tahun, adalah waktu untuk menganti rantai sepeda. Hitungan yang akurat tetapi sulit bagi penguna awam.
  • Yang lainnya menyarankan menganti rantai bila sepeda sudah berjalan sampai 1500 - 4000km.
  • Menganti bagian rantai sepeda secara rutin akan memberikan kenyamanan bagi pengendara, dan menghindari terjadi rantai putus. Tinggal diperkirakan kapan waktunya untuk menganti rantai sepeda dengan yang baru. Jangan menunggu rantai sepeda anda putus, khususnya mereka yang sering melakukan perjalanan ke daerah pegunungan dengan sepeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar